Perkembangbiakan Vegetatif Buatan

Perkembangbiakan Vegetatif Buatan 

Perkembangbiakan Vegetatif Buatan,

Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif dapat dilakukan dengan budidaya atau bantuan manusia. Perkembangbiakan secara vegetatif dengan budi daya dan bantuan manusia disebut dengan perkembangbiakan vegetatif buatan. Perkembangbiakan vegetatif buatan dapat dilakukan dengan setek, cangkok, runduk dan kultur jaringan.
#Setek
Tumbuhan tertentu dapat dikembangbiakan dengan setek. Perkembangbiakan dengan setek dilakukan dengan menanam potongan suatu bagian tumbuhan . Contohnya batang, daun, dan pucuk tumbuhan. Setek dibedakan menjadi setek batang, setek tangkai, setek daun dan setek pucuk. Setek batang dapat dilakukan pada tumbuhan tebu dan ketela pohon. Setek tangkai dapat dilakukan pada tumbuhan kembang sepatu dan mawar. Setek pucuk dapat dilakukan  pada tumbuhan teh. Setek daun dapat dilakukan pada tumbuhan cocor bebek, lidah mertua dan begonia. Yang perlu diperhatikan ketika menanam tanaman dengan setek batang adalah menyertakan ruas. Hal itu dikarenakan di ruas tersebut tunas akan tumbuh. Pada setek tangkai diusahakan menyertakan mata tunas atau ketiak daun karena di tempat itu tunas akan tumbuh.
#Cangkok
Beberapa tumbuhan dapat dikembangbiakkan dengan cara dicangkok. Tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan cara dicangkok adalah tumbuhan yang batangnya berkayu (berkambium), contohnya mangga, rambutan, jeruk dan jambu air. Pada cabang tumbuhan yang dicangkok dapat tumbuh akar. Supaya tumbuh akar dilakukan teknik pencakokan secara benar.
Tumbuhan baru hasil pencakokan mempunya keunggulan dan kelemahan. Keunggulannya, tumbuhan  cepat berbuah dan mutu buahnya sama dengan induknya. Sedangkan kelemahannya, tumbuhan hasil cangkokan berakar serabut. Jika tumbuhan terlalu besar dan rimbun daunnya, akar tidak kuat menopang sehingga mudah roboh.
#Merunduk
Tumbuhan tertentu dapat dikembangbiakkan dengan merunduk. Tumbuhan yang bisa dirunduk adalah tumbuhan yang mempunyai batang menjulur dan berbuku-buku. Btang yang dirunduk dan ditimbun dengan tanah, di bagian ruasnya akan tumbuh akar. Batang yang telah tumbuh akarnya dapat dipotong dan ditanam menjadi individu baru. Tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan runduk contohnya apael, alamanda dan selada air.
#Kultur Jaringan
Ada beberapa tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan kultur jaringan. Kultur jaringan dilakukan dengan mengambil jaringan tertentu dan dikembangkan dalam media khusus. Bagian yang dikembangkan misalnya jaringan tunas dan daun. Di dalam media jaringan berkembang dan tumbuh akar, batang dan daun. Hasil dari kultur jaringan ini dapat ditanam setelah agak besar.
Tumbuhan yang dikembangbiakkan dengan kultur jaringan contohnya kelapa sawit dan anggrek.
Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maulana Blog

No comments: