Pembahasan Tentang Perkembangbiakan Secara Tidak Kawin (Vegetatif)

Pembahasan Tentang Perkembangbiakan Secara Tidak Kawin (Vegetatif)

Pengertian Perkembangbiakan Secara Tidak Kawin (Vegetatif)

Perkembangbiakan Secara Tidak Kawin (Vegetatif) dibagi menjadi perkembangbiakan secara vegtatif alami dan secara vegetatif buatan. Perkembangbiakan secara vegetatif alamai terjadi dengan membelah diri, spora, tunas, umbi, geragih, dan akar tinggal. Perkembangbiakan secara vegetatif buatan dapat dilakukan dengan setek, cangkok, runduk, dan kultur jaringan.

1. Perkembangbiakan Vegetatif Alami
Perkembangbiakan vegetatif alami adalah perkembangbiakan yang berasal dari bagian tumbuhan itu sendiri tanpa bantuan manusia. Bentuk-bentuk perkembangbiakan secara vegetatif alami antara lain membelah diri, spora, tunas, geragih, umbi dan akar tinggal.
Tumbuhan tingkat rendah berkembangbiak dengan cara membelah diri. Tumbuhan tingkat rendah terdiri atas bagian yang sangat sederhana yaitu tersusun atas satu sel. Tumbuhan yang berkembangbiak dengan membelah diri contohnya ganggang hijau kebiruan dan ganggang hujau. Ganggang ini yang mengakibatkan air kolam berwarna hijau kebiruan atau hijau. Ganggang ini berkembangbiak dengan sangat cepat. Akibatnya dalam waku singkat seluruh permukaan kolam tertutup oleh ganggang dan tampak tidak jernih lagi.
#Spora
Lumut dan paku berkembangbiak dengan spora. Spora berupa butiran pipih yang sangat kecil sehingga bagian-bagiannya tidak dapat dilihat tanpa alat pembesar.
Spora yang terdapat di tumbuhan paku tampak berupa bintik-bintik hitam mengelilingi tepi daun sebelah bawah. Bintik-bintik hitam itu disebut sporangium atau kotak spora. Kotak spora akan terbuka jika spora-spora di dalamnya sudah masak. Spora-spora tersebut sangat ringan dan mudah diterbangkan angin. Spora yang jatuh di tempat yang lembab dapt tumbuh menjadi individu baru.
#Tunas
Tumbuhan ada yang dapat berkembangbiak dengan tunas. Tunas tersebut tumbuh di pangkal batang. Tunas-tunas tersebut berumpun dan berdekatan dengan tumbuhan induk. Tunas-tunas tersebut dapat dipisah dari induknya dan ditanam tersendiri sebagai individu baru. Tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas contohnya bambu, pisang, nanas, pakis haji dan palem.
#Umbi
Beberapa jenis tumbuhan dapat berkembangbiak dengan umbi. Umbi merupakan bagian tumbuhan yang menggembung dan tertanam di dalam tanah. Bagian menggembung karena berisi cadangan makanan. Ada tiga mcam umbi yaitu umbi akar, umbi batang dan umbi lapis. Selain berguna sebagai tempat menyimpan cadangan makanan, umbi juga ada yang berguna sebagai alat perkembangbiakan. Contohnya umbi batang dan umbi lapis, sedangkan umbi akar bukan merupakan perkembangbiakan. Umbi akar jika ditanam tidak akan tumbuh menjadi tanaman baru.
Tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi batang contohnya kentang dan ketela rambat. Umbi kentang dan ketela rambat merupakan bagian batang yang menggembung dan tertanam dalam tanah. Sedangkan untuk tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi lapis contohnya bawang merah. Bagian umbi yang berlapis-lapis adalah tunas yang bertumpuk-tumpuk. Tunas tersebut semakin lama semakin besar membentuk siung. Siung bawang merah jika dipisahkan dengan menyertakan akarnya dapat ditanam menjadi individu baru.
Tanaman yang berumbi akar, seperti wortel, lobak dan dahlia tidak dapat menggunakan akarnya utnuk berkembangbiak. Wortel dan lobak dapat dikembangbiakan dengan menanam bagian batang yang berada pada pangkal akar. Batang tersebut sangat pendek sehingga tidak jelas. Pada pangkal akar tanaman dahlia terdapat kuncup ketiak. Kuncup ketiak dapat dipisahkan dan ditanam sendiri sebagai tumbuhan baru.
#Geragih
Tumbuhan tertentu dapat berkembangbiak dengan geragih. Geragih berupa batang yang tumbuh menjalar di permukaaan tanah atau dalam tanah. Di bagian batang yang menyentuh tanah tumbuh akar-akar serabut. Oleh karena itu, tumbuhan ini dapat hidup tidak tergantung pada induknya. Pada batang yang menjalar dapat tumbuh tunas dan dapat dipisahkan dari tumbuhan induk sebagai individu baru. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan geragih yaitu arbei dan pegagan.
#Akar Tinggal
Ada beberapa tumbuhan yang dapat berkembangbiak dengan akar tinggal. Akar tinggal sebenarnya batang yang tertanam dalam tanah. Btang-batang tersebut beruas-ruas dan setiap ruas dapat tumbuh tunas. Tunas-tunas pada akar tinggal jika cukup tua dapat bertunas lagi dan pertunasan tersebut berlangsung terus. Oleh karena itu akar tinggal tersebut semakin lama semakin berkembang. Tumbuhan yang berkembangbiak dengan akar tinggal contohnya rumput alang-alang, kunyit, lengkuas, jahe dan kencur.

Tag : Perkembangbiakan Secara Tidak Kawin (Vegetatif)
Perkembangbiakan Secara Tidak Kawin (Vegetatif) Perkembangbiakan Secara Tidak Kawin (Vegetatif) Perkembangbiakan Secara Tidak Kawin (Vegetatif) Perkembangbiakan Secara Tidak Kawin (Vegetatif)
Pembahasan Tentang Perkembangbiakan Secara Tidak Kawin (Vegetatif) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maulana Blog

No comments: