Bagian-bagian Kulit dan Fungsinya

Bagian-bagian Kulit dan Fungsinya

Bagian-bagian Kulit dan Fungsinya

Pada kesempatan kali ini mungkin dan seterusnya saya akan membahas tentang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sekedar ingin berbagi ilmu dan mengingat kembali pelajaran waktu Sekolah Dasar (SD). 
Apa yang kalian ketahui tentang kulit???
Sebutkan bagian-bagian kulit dan fungsinya??
Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh kita. Bagian tubuh ini terdiri dari 2 lapisan yaitu lapiran luar atau epidermis dan lapisan dalam atau kulit jangat atau dermis.


1. Lapisan Luar Kulit/Epidermis
Lapisan luar tersusun atas kulit ari dan lapisan malpighi. Pada lapidan ini terdapat saluran keringat, lubang kulit atau pori-pori dan rambut. Kulit ari merupakan lapisan kulit terluar. Kulit ari tersusun atas sel-sel mati yang selalu mengelupas. Jika sel-sel ini mengelupas, sel segera diganti dengan sel-sel terluar dari lapisan Malpighi yang telah mati.
Kulit ari berfungsi mencegah masuknya bibit-bibit penyakit ke dalam tubuh. Selain itu, untuk mencegah menguapnya air dari tubuh.
Lapisan Malpighi berada di sebelah dalam kulit ari. Lapisan ini tersusun atas sel-sel yang aktif membelah diri.

2. Lapisan Dalam/Kulit Jangat/Dermis
Di sebelah dalam lapisan luar terdapat kulit jangat. Pada lapisan ini terdapat kelenjar keringat, kelenjar minyak, otot penggerak rambut dan akar rambut. Selain itu, juga terdapat pembuluh darah dan ujung saraf peraba.
Lapisan paling dalam dari kulit berupa lapisan berlemak. Lapisan ini banyak mengandung jaringan lemak. Lapisan lemak ini berguna untuk menghangatkan tubuh. Pada setiap orang lapisan berlemak ini berbeda ketebalannya.
Bagian-bagian Kulit dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maulana Blog

No comments: