Penjelasan Tentang Planet Venus


Penjelasan Tentang Planet Venus - Planet Venus adalah planett yang paling dekat Bumi. Ukuran planet ini hampir sama dengan Bumi. Garis tengah Venus sekitar 12.104 km, sedangkan jaraknya dari Matahari sekitar 108,2 juta km.
Seperti halnya Merkurius, Venus juga dapat dilihat tanpa menggunakan teropong (teleskop). Venus merupakan plnaet yang paling kuat memantulkan sinar cahaya matahari hingga tampak kemilau.
Planet ini kadang-kadang tampak di ufuk timur sebelum Matahari terbit sehingga disebut bintang timur. Kadang-kadang Venus tampak di ufuk barat sebelum matahari terbenam sehingga disebut bintang barat atau bintang kejora.

Venus diliputi oleh atmosfer yang berupa gas karbon dioksida tebal dan awan asam sulfat di bagian atasnya. Panas Matahari akan diserap oleh lapisan gas karbon dioksida itu dan menghalanginya keluar. Oleh karena itu, keadaan venus sangat panas. Suhu permukaan planet ini dapat mencapai 500 derajat celcius.

Venus membutuhkan waktu selama 224,7 atau dibulatkan menjadi 225 hari untuk sekali berevolusi. Untuk sekali berotasi, venus memerlukan waktu 243 hari. Dengan demikian, waktu sehari di planet Venus lebih panjang daripada waktu setahunnya.

Venus juga termasuk planet paling berbahaya. Tekanan atmosfer Venus 100 kali besar daripada tekanan atmosfer Bumi. Tekanan setinngi ini dapat mengakibatkan tubuh manusia meletus dan hancur berkeping-keping. Panasnya dapat meleburkan kaleng minuman ringan, sedangkan awan asamnya dapat melarutkan kaleng yang lebur itu.

Benar-benar planet yang sangat mengerikan bukan!!!!

Tags : Planet Venus, Venus, Pengertian Planet Venus
Penjelasan Tentang Planet Venus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maulana Blog

No comments: