Penjelasan Tentang Planet Merkurius


Penjelasan Tentang Planet Merkurius - Merkurius merupakan planet yang terdekat dengan matahari. Jaraknya dari matahari sekitar 57,9 juta km. Planet ini juga termasuk planet kecil. Diameter Merkurius sekitar 4.879 km.
Planet Merkurius dapat diamati dengan mata telanjang dari Bumi. Planet ini sering terlihat di atas kaki langit (horizon) sebelah barat setelah matahari terbenam. Kadang-kadang terlihat di atas kaki langit sebelah timur menjelang matahari terbit.
Merkurius merupakan planet yang tandus, itu dikarenakan jaraknya yang dekat dengan matahari. Permukaaan berbatu-batu dan terdapat banyak kawah. Kaloris merupakan kawah terbesar yang ada di planet Merkurius. Garis tengah kawah kaloris sekitar 1.300 km.
Planet Merkurius tidak mempunyai atmosfer sehingga tidak ada udara yang menyerap panas Matahari. Oleh karena tidak beratmosfer dan kedudukannya sangat dekat dengan Matahri, pernedaaan suhu di planet ini sangat besar, Pada siang hari, suhunya dapat mencapai 400 derajat celcius. Pada malam hari, suhunya turun menvapai -173 derajat celcius.
Merkurius membutuhkan waktu 88 hari untuk sekali berevolusi. Namun, kecepatan rotasinya sangat pelan. Kala rotasi atau waktu yang dibutuhkan untuk berputar pada sumbunya selama 58 hari 15 jam atau sekitar 59 hari.
Penjelasan Tentang Planet Merkurius Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maulana Blog

No comments: