Partisipasi Siswa/Pelajar Dalam Perumusan Kebijakan Publik

Partisipasi Siswa/Pelajar Dalam Perumusan Kebijakan Publik

Partisipasi Dalam Perumusan Kebijakan Publik - Untuk turut serta dalam perumusan kebijakan publik, maka kegiatan yang dapat dilakukan oleh seorang siswa atau pelajar dalam proses pembelajaran ini dapat dilakukan dengan melalui kegiatan praktik belajar kewarganegaraan berbasis portofolio.

Untuk melaksanakan kegiatan praktek belajar kewarganegaraan yang berbasis portofolio, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

a. Perumusan Masalah
Untuk merumuskan masalah langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :
- Bentuk kelompok kecil dalam kelas dengan jumlah anggota anatara 3 sampai 4 orang.
- Setiap kelompok mendiskusikan permasalahan apa saja yang termasuk kategori kebijakan publik di wilayah kabhpaten atau kecamatan anda.
- Kemudian inventarisir atau kumpulkan semua permasalahan tersebut dan tuliskan di papan tulis.
- Setelah itu setiap anggota kelas memilih salah satu permasalahan tersebut dengan cara memilih tanda pagar (I).
- Kemudian jumlahkan perolehan suara dari masing-masing permasalahan tersebut.
- APabila jumlah suara yang diperoleh oleh ranking pertama belum mencapai jumlah 50% plus 1, maka selanjutnya diadakan pemilihan tahap 2 untuk mendapatkan satu masalah kelas.
- Setelah didapat 1 masalah kebijakan publik (menjadi masalah kelas).

b.Menentukan Sumber Informasi
Setelah didapat masalah kelas, selanjutnya tentukan sumber informasi dari masalah yang telah dipilih tersebut, untuk selanjutnya kelas dibagi lagi ke dalam kelompok-kelompok sesuai dengan jumlah sumber informasi tersebut. Jadi bila sumber informasi tersebut ada 6, maka kelas dibagi menjadi 6 kelompok.

c. Mencari Informasi
Setiap kelompok mengumpulkan data sesuai dengan tugas masing-masing, setelah data diperoleh digabung dengan data yang didapat oleh kelompok lain.

d. Diskusi Hasil Data Lapangan
Setelah setiap kelompok mendapat data dari sumber informasi selanjutnya untuk kepentingan klarifikasi data tersebut, diadakan diskusi kelas guru membahas temuan-temuan informasi dari lapangan.

e. Pembentukan Kelompok Portofolio
Selanjutnya kelas kembali dipecah dalam 4 kelompok, yaitu :

- Kelompok 1, mendiskusikan dan melaporkan tentang permasalahan dan latar belakang masalah yang berkaitan dengan kebijakan publik yang ditentukan oleh kelas

- Kelompok 2, merumuskan dan  menentukan berbagai alternatif pemecahan masalah.

- Kelompok 3, menganalisis dan memilih  salah satu alternatif dari sejumlah alternatif yang telah dirumuskan kelompok 2.

- Kelompok 4, merumuskan rencana tindakan dalam bagaimana langkah-langkah nyata, tindakan yang akan diambil untuk memecahkan masalah kebijakan publik tersebut, termasuk dampak positif dan negatifnya bagi pemerintah dan masyarakat.

f. Pelaksanaan Show Case
Setelah semuanya tersusun, baru kemudian ditentukan show case atau penyajian data dan permasalahan yang diteliti. Untuk pelaksanaan show case perlu dipersiapkan hal-hal sebagai berikut :
- Panel atau papan atau kertas karton manila yang berisi data-data sesuai dengan kajian kelompok.
- Tempat atau ruangan untuk pertunjukan
- Juri
- Moderator

- Setting tempat untuk penyajian
Partisipasi Siswa/Pelajar Dalam Perumusan Kebijakan Publik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maulana Blog

No comments: