Macam-Macam Gejala Optik di Atmosfer

Gejala-Gejala Optik di Atmosfer - Berikut ada beberapa penjelasan tentang gejala-gejala optik yang terjadi di atmosfer bumi :

1. Pelangi
Pelangi terjadi pada saat turun hujan, namun matahari tetap tampak bersinar. Pelangi dapat kita lihat jika kita membelakangi matahari, sementara di hadapan kita turun hujan rintik-rintik. Warna pelangi sebenarnya merupakan spektrum sinar matahari yang dibiaskan oleh air hujan
Macam-Macam Gejala Optik di Atmosfer

2. Halo
Halo adalah lingkaran berwarna putih yang tampak disekitar matahari atau pada saat terjadi bulan purnama. Halo terjadi karena pemantulan sinar matahari atau bulan oleh awan tinggi yang berwarna putih dan banyak mengandung kristal es.
Macam-Macam Gejala Optik di Atmosfer

3. Aurora
Aurora hanya dapat terlihat di daerah lintang tinggi (sekitar kutub). Pada malam hari yang cerah, orang di sekitar kutub dapat melihat cahaya di langit yang berbentuk seperti pita berwarna kehijauan atau kemerahan. Warna tersebut adalah aurora.
Macam-Macam Gejala Optik di Atmosfer

4. Fatamorgana
Fatamorgana adalah bayangan seperti air yang ada di permukaan bumi. Hal ini terjadi karena udara yang berada di dekat permukaaan bumi mengalami pemanasan. Oleh karena tu, udara di tempat tersebut menjadi renggang dibandingkan dengan di atasnya. Keadaan tersebut mengakibatkan sinar matahari yang membias ke arah pengamat membentuk sudut kecil. Fatamorgana biasanya sering terjadi di daerah gurun.
Macam-Macam Gejala Optik di Atmosfer



tags : #gejala optik di atmosfer #gejala optik di atmosfer #gejala optik di atmosfer #gejala optik di atmosfer #gejala optik di atmosfer #gejala optik di atmosfer
Macam-Macam Gejala Optik di Atmosfer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maulana Blog

No comments: