Unsur-Unsur Lingkungan

Unsur-Unsur Lingkungan
Unsur-Unsur Lingkungan - Coba perhatikan lingkungan di sekitar tempat tinggal anda! terdiri atas apa saja kah unsur-unsur lingkungan itu???
Unsur lingkungan dibagi menjadi 3 unsur yaitu unsur abiotik, unsur biotik dan unsur sosial dan budaya. Untuk penjelasan lebih lanjutnya silahkan baca dan pahami

1. Unsur Abiotik
Abiotik berasal dari kata a dan biotik. A berarti tidak, sedangkan biotic berarti bersifat hidup. Jadi abiotik artinya tidak hidup. Komponen-komponen ekologi abiotik meliputi air, udara, dan tanah

a. Air
Air yang berada di permukaan bumi tergenang sebagai rawa, sungai, waduk maupun laut. Air yang berada di dalam bumi sebagai air tanah. Air tanah keluar ke permukaan bumi sebagai mata air atau dapat karena dipompa dan ditimba. Air juga ada di dalam tubuh manusia, hewan maupun tumbuhan dimana mempunyai peranan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup.
b. Udara
Akibat semakin bertambahnya industri dan kendaraan bermotor, saat ini udara di kota-kota besar semakin tercemar. Pencemaran itu berasal dari asap pabrik, asap kendaraan bermotor, limbah industri dan rumah tangga. Mengingat pentingnya udara bagi kehidupan maka udara harus kita jaga agar tetap bersih dan tidak tercemar.
c. Tanah
Tanah merupakan batuan yang sudah lapuk bercampur dengan sisa makhluk hidup, air dan udara. Tanah merupakan lapisan bagiam atas bumi tempat tumbuhnya tanaman dan pohon-pohon.

2. Unsur Biotik
Unsur biotik adalah segala sesuatu yang terdapat di sekitar kita yang berwujud makhluk hidup (organisme). Misalnya hewan dan tumbuhan.
Kelompok ekologi biotik meliputi bermacam-macam jenis dan spesies makhluk hidup. Ekosistem biotik dibedakan menjadi 2 yaitu produsen dan konsumen.
a. Produsen
Makhluk hidup yang dikelompokkan menjadi golongan produsen disebut autotrof, yaitu kelompok produsen yang mampu membuat makanan untuk dirinya sendiri. Tanaman hijau merupakan kelompok produsen pada ekosistem darat, karena dapat membuat makanan sendiri dengan bantuan sinar matahari.
b. Konsumen
Kelompok ekosistem dalam klasifikasi konsumen sering disebut heterotrof, yaitu organisme yang memakan organisme yang lain baik sesama organisme konsumen maupun organisme produsen.
Berikut ada beberapa jenis kelompok organisme konsumen yang tergantung pada jenis makanannya, yaitu:
1). Konsumen primer (herbivora), memakan langsungtanaman atau jenis produsen lain.
2). Konsumen sekunder (karnivora), memakan konsumen primer.
3). Konsumen tersier (konsumen tingkat tinggi), hanya memakan binatang pemakan binatang.
4). Pemakan segala (omnivora), memakan tanaman dan binatang.
5). Pemakan sisa (detrivora), memakan bagian-bagian organisme yang telah mati dan mengubahnya menjadi partikel-partikel organik, contohnya semut, rayap dan cacing.

3. Unsur Sosial dan Budaya
Manusia adalah sebagian bagian dari unsur-unsur ekosistem yang tidak mungkin dapat dipisahkan. Oleh karena itu, seperti halnya dengan organisme lainnya, kelangsungan hidup manusia tergantung pula pada kelestarian ekosistemnya.
Pengaruh manusia terhadap lingkungan ada tiga, yaitu perusakan lingkungan, pelestarian lingkungan, dan perbaikan lingkungan.
Unsur-Unsur Lingkungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maulana Blog

No comments: