Macam-Macam Kebutuhan Manusia

Macam-Macam Kebutuhan Manusia
Macam-Macam Kebutuhan Manusia - Kebutuhan setiap manusia berbeda-beda dan tidak sama. Kebutuhan tersebut tergantung pada tingkat pendapatan, lingkungan hidup, pendidikan, adat istiadat dan agama. Lalu apakah anda tahu tentang kebutuhan sendiri itu apa????
Kebutuhan adalah keinginan manusia yang harus dipenuhi. Kebutuhan manusia selalu bertambah.
Ada beberapa faktor pendorong bertambahnya kebutuhan masyarakat, antara lain kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertambahan penduduk, dinamika kebudayaan dan peningkatan iman dan takwa.

Berikut ada beberapa macam kebutuhan manusia
1. Kebutuhan Menurut Tingkat Kepentingannya (Intensitas)
a. Kebutuhan Primer (Kebutuhan Pokok), merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi agar kelangsungan hidup manusia teru terjaga. Contohnya sandang, pangan dan papan.
b. Kebutuhan Sekunder (Kebutuhan Pelengkap), merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan setelah kebutuhan primer terpenuhi. Contohnya sepeda motor, tv, HP dan lain sebagainya.
c. Kebutuhan Tersier (Kebutuhan Mewah), merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan setelah pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder. Contohnya kulkas, perhiasan, mobil, laptop, smartphone dan lain sebagainya.

2. Kebutuhan Menurut Waktunya

a. Kebutuhan Sekarang, merupakan kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Contoh kebutuhan obat pada waktu sakit, kebutuhan makan pada waktu kita lapar.
b. Kebutuhan Masa Datang, merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan pada waktu yang akan datang. Contoh kebutuhan untuk naik haji, dan kebutuhan rumah sendiri.

3. Kebutuhan Menurut Sifatnya

a. Kebutuhan Jasmani, merupakan kebutuhan yang sifatnya fisik atau material. Contohnya kebutuhan makan, minum, pakaian dan rumah.
b. Kebutuhan Rohani, merupakan kebutuhan yang erat hubungannya dengan rohani dan sifatnya tidak berwujud. Contoh kebutuhan belajar agama, hiburan dan pendidikan.

4. Kebutuhan Menurut Subjeknya
a. Kebutuhan Individu (Perorangan), merupakan kebutuhan yang hanya diperlukan oleh individu (perorangan). Contoh kebutuhan cangkul bagi seorang petani dan kebutuhan perahu bagi para nelayan.
b. Kebutuhan Sosial (Masyarakat), merupakan kebutuhan kelompok yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sosial masyarakat. Contoh kebutuhan masyarakat terhadap jalan, sekolah, pasar, puskesmas dan tempat ibadah.

Macam-Macam Kebutuhan Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maulana Blog

No comments: