Macam-Macam Pola Aliran Sungai


Tahukah anda, bahwa sungai yang ada di permukaan bumi menyusun pola tertentu yang disebut pola aliran sungai. Pola aliran sungai dipengaruhi oleh kondisi morfologi daerah tempat sungai mengalir dan struktur geologinya.

Berikut ada beberapa macam-macam pola aliran sungai sebagai berikut :

1. Pola dendritik, dalah pola aliran sungai yang tidak teratur. Pola tersebut terdapat di daerah dataran renah atau dataran pantai. Anak-anak sungai yang mengalir pada pola aliran tersebut bermuara ke sungai induk membentuk sudut lancip dan ada pula yang membentuk sudut tumpul.

2. Pola pinnate, adalah pola aliran sungai yang anak-anak sungainya bermuara ke sungai induk berbentuk sudut lancip. Pola aliran sungai ini biasanya terdapat di daerah yang miring dan lerengnya curam.

3. Pola trellis, adalah pola aliran sungai yang aliran sungai induknya sejajar dengan anak-anak sungai yang bermuara pada sungai induk. Sudut yang dibentuk oleh pertemuan antara anak sungai dan induk sungai hampir membentuk sudut siku0siku atau tegak (90 derajat).

4. Pola paralel (sejajar), adalah pola aliran sungai yang hampir sejajar antara sungai yang satu dan sungai lainnya. Pola paralel terdapat di daerah perbukitan yang memanjang dengan kemiringan lereng sangat curam.

5. Pola radial, adalah pola aliran sungai yang menyebar dari puncak ke arah lereng-lereng lembahnya, biasanya pola radial ditemukan di sebuah gunung berapi yang berbentuk kerucut.

6. Pola sentripetal, adalah pola aliran sungai yang memusat ke suatu daerah. Pola ini biasanya terdapat di daerah cekungan (basin).

7. Pola annular, adalah pola aliran sungai yang melingkar. Pola annular biasanya terdapat pada daerah kubah (domes).


Tags :
Jenis-jenis pola aliran sungai
Macam-macam pola aliran sungai
Pola aliran sungai
Macam-Macam Pola Aliran Sungai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maulana Blog

No comments: