Penjelasan Tentang Planet Saturnus


Penjelasan Tentang Planet Saturnus - Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah Yupiter. Garis tengah Saturnus sekitar 120.536 km. Jarak planet ini dari Matahari sekitar 1.433,5 juta km (9,5 SA).
Seperti halnya planet Yupiter, Saturnus merupakan planet gas. Planet ini tersusun sebagian besar oleh hidrogen (90%) dan helium (10%). Di permukaan planet Saturnus sangat dingin karena panas Matahari yang diserap sangat sedikit.

Saturnus memerlukan waktu sekitar 29,5 tahun untuk berevolusi mengelilingi Matahari. Namun, kala rotasinya cukup cepat sekitar 10,7 jam.
Satu hal yang menarik dari Saturnus adalah adanya ribuan cincin berwarna yang mengelilinginya. Cincin-cincin ini mengelilingi Saturnus pada jarak 7.000 - 74.000 km di luar atmosfernya. Menurut para ahli, cincin-cincin itu terdiri atas debu halus, kerikil kecil, atau butiran es yang tak terhingga banyaknya. Butiran es berukuran antara sebesar debu hingga sebesar rumah.

Saturnus adalah planet yang ringan. Massa jenis planet ini sangat rendah, bahkan lebih rendah daripada massa jenis air. Dengan demikian, planet Saturnus dapat terapung di air. Asalkan dapat ditemukan kolam yang sangat besar berisi air.

Penjelasan Tentang Planet Saturnus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maulana Blog

No comments: