Bagaimana Cara Menjaga Keutuhan Negara Indonesia???

www.pusakaindonesia.org

Pernahkah terbesit dalam pikiran kita, bagaimana kalau negara tercinta kita ini Indonesia suatu saat bisa runtuh dan hancur??? Seandainya itu terjadi apa yang akan kita lakukan??? Dan siapa yang patut disalahkan???
Semua itu tidak akan terjadi asal kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan kita sebagai warga negara Indonesia. 
Pada masa penjajahan, para pahlawan membela dan menjaga keutuhan Indonesia dengan berjuang. Cara berjuangnya bermacam-macam. Ada yang maju berlaga di medan pertempuran. Ada pula yang berjuang lewat pergerakan. Mereka berjuang dengan pikiran, tulisan-tulisan, dan ilmu pengetahuan. Pada masa perjuangan kemerdekaan, dua cara memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ini sama-sama tinggi nilainya.
Saat ini Indonesia tidak lagi dijajah oleh bangsa asing. Oleh karena itu, kita tidak perlu lagi berperang melawan para penjajah. Meski demikian, tugas kita tidak lebih ringan. Sebab, menjaga kemerdekaan justru lebih berat daripada merebutnya.
Bukan penjajah yang mengancam keutuhan negara Indonesia kita. Namun, diri kita sendirilah, putra-putri Indonesia. Mungkinkah itu? Jawabannya ya sangat mungkin sekali, jika kita tidak berlaku sebagaimana mestinya sebagai bangsa Indonesia. Jika kita salah mengurus negara ini, tidak mustahil kitalah sendiri yang akan menghancurkan keutuhan negara Indonesia tercinta ini.
Oleh karena itu kita perlu menjaga keutuhan NKRI, berikut ada beberapa cara tentang bagaimana cara menjaga keutuhan negara Indonesia : :

1. Menjaga Wilayah dan Kekayaan Tanah Air Indonesia
Dulu para pahlawan berperang dan berunding dengan penjajah. Mereka berunding untuk menentukan batas-batas wilayah Indonesia. Wilayah itu tentu tidak hanya berupa wilayah semata, namun meliputi semua kekayaan yang ada di dalamnya. Misalnya penduduk, tumbuh-tumbuhan, hewan serta kekayaan mineral seperti minyak bumi, emas, batu bara dan lain-lain.
Wilayah dan segenap kekayaan itu haruslah kita pertahankan dan kita jaga. Sebab di situlah letak kedaulatan negara kita. Kita tidak boleh membiarkannya diambil dan dirampas bangsa asing.

2. Saling Menghormati Perbedaan
Negara Indonesia berdiri atas berbagai macam perbedaan, mulai dari agama, suku, adat istiadat, bahasa daerah dan warna kulit. Semua perbedaan itulah yang saling menjalin membangun Indonesia setuhnya. Agar kebutuhan Indonesia tetap terjaga, kita harus mengganggap perbedaan itu sebagai anugerah. Kita harus mensyukuri perbedaan yang ada. Cara menjaga perbedaan-perbedaan itu dengan saling menghormati. Contohnya kita harus saling menghormati teman kita yang berbeda agama, suku, bahasa dan warna kulit. Dengan demikian, kita turut menjaga keutuhan Indonesia.

3. Mempertahankan Kesamaan dan Kebersamaan
Bangsa Indonesia memiliki banyak perbedaan. Akan tetapi, bangsa Indonesia juga memiliki banyak persamaan. Dalam naskah Sumpah Pemuda, kita telah mengikrarkan bahwa kita adalah satu bangsa, bangsa Indoneisa. Kita mengakui bahwa kita satu tumpah darah, tumpah darah Indonesia. Kita juga mengakuibahwa kita menjunjung tinggi bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Itulah tiga persamaan pokok yang dimiliki bangsa Indonesia.
Selain itu kita juga memiliki Pancasila, UUD 1945 dan Sang Saka Merah Putih. Semua itu adalah lambang pemerdatu bangsa. Agar keutuhan Indonesia terjaga.

4. Menaati Peraturan
Salah satu cara menjaga keutuhan Indonesia adalah dengan menaati peraturan. Mengapa demikian? Peraturan dibuat untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Tujuannya agar Indonesia menjadi lebih baik. Melalui peraturan Indonesia akan selamat dari kekacauan.
Taat terhadap undang-undang dan peraturan berlaku bagi seluruh rakyat Indonesia. Peraturan berlaku baik untuk presiden maupun rakyat biasa, baik muda maupun tua, baik yang kaya maupun yang miskin.

Semoga dengan adanya artikel ini kita bisa tersadar diri, karena betapa pentingnya menjaga keutuhan negara tercinta ini yaitu Indonesia.
Bagaimana Cara Menjaga Keutuhan Negara Indonesia??? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maulana Blog

No comments: