Alasan Pendirian Perusahaan Asing Di Indonesia

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan asing atau luar berdiri di Indonesia dan menanamkan modalnya. Berikut ada beberapa alasan pendirian perusahaan asing di Indonesia yang perlu kita ketahui :

1. Ketersediaan Bahan Baku
Tanah air kita mengandung sumber daya alam yang melimpah. Hasil hutan, hasil tambang, hasil laut merupakan kekayaan alam kita yang perlu dimanfaatkan. Namun, kekayaan tersebut belum semuanya dikelola karena keterbatasan keahlian dan modal.
Kekayaan alam yang melimpah dengan tersedianya bahan baku mendorong perusahaan asing menanamkan modalnya di Indonesia. Perusahaan asing menanamkan modalnya dalam berbagai bidang usaha. Misalnya bidang pertambangan, elektronika, barang konsumsi dan lain-lain.
Sebelum membuka usahanya, perusahaan asing terlebih dahulu melakukan eksplorasi, yaitu mencari sumber alam yang dibutuhkan. Setelah sumber alam ditemukan kemudian dilakukan eksploitasi yaitu penambangan dan penggalian. Untuk melakukan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi diperlukan sumber daya manusia yang terampil dan ahli. Juga diperlukan peralatan yang canggih dan modal besar.
Alasan Pendirian Perusahaan Asing Di Indonesia

2. Konsumen Besar
Penduduk Indonesia sekarang berjumlah lebih dari 200 juta jiwa. Jumlah penduduk  yang besar tersebut merupakan pasar yang potensial. Barang dan jasa dapat dipasarkan di Indonesia. Pemasaran produk barang dan jasa tergantung pada daya beli masyrakat. Apabila daya beli masyarakat tinggi maka tinggi pula permintaan terhadap suatu barang. Sebaliknya apabila daya belinya rendah maka rendah pula permintaan terhadap suatu barang.
Tidak semua produk Indonesia dipasarkan di dalam negeri. Sebagian produk tersebut diekspor ke luar negeri. Negara memperoleh pendapatan dari hasil ekspor ini.
merdeka.com
3. Tenaga Kerja Melimpah
Tingkat pendidikan penduduk Indonesia tergolong rendah. Sebagian besar angkatan kerja merupakan lulusan sekolah menengah. Hanya sedikit angkatan kerja Indonesia yang berlatar belakang perguruan tinggi. Padahal dalam proses pembangunan diperlukan orang-orang yang cakap di bidangnya. Ketersediaan orang-orang yang mempunyai keahlian ini dirasakan masih sangat kurang. Selain itu jumlah lapangan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan angkatan yang ada. Hal ini menyebabkan tingkat persaingan  untuk mendapatkan pekerjaan sangatlah sulit. Orang berlomba-lomba mencari pekerjaan. Ketika kesempatan kerja semakin sedikit sementara pencari kerja banyak maka terjadi persaingan antar sesama calon tenaga kerja. Persaingan ini menyebabkan upah tenaga kerja menjadi sangat murah. Daya tawar tenaga kerja tidak ada lagi. 
Upah tenaga kerja yang murah menguntungkan perusahaan asing. Dengan upah tenaga kerja murah berarti perusahaan dapat menekan biaya produksi semurah mungkin. Padahal barang yang dijual kepada konsumen dengan harga yang sangat tinggi.

4. Stabilitas Keamanan
Kebijakan pemerintah sanga menentukan kelangsungan dan perkembangan perusahaan asing yang ada di Indonesia. Tidak kalah pentingnya adalah kebijakan di bidang keamanan. Keadaan negara yang stabil dan aman mendorong pengusaha asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Sebaliknya keadaan yang tidak aman akan membuat pengusaha asing enggan menanamkan modalnya di Indonesia.
Keamanan yang terjamin membuat perusahaan asing dapat menjalankan usahanya dengan nyaman. Gangguan keamanan di dalam negeri akan mengganggu pengusaha asing untuk menanamkan modalnya. Pengusaha asing tidak ingin menanamkan modalnya di negara yang kondisi keamanannya tidak terjamin.

#Alasan Pendirian Perusahaan Asing Di Indonesia #Alasan Pendirian Perusahaan Asing Di Indonesia #Alasan Pendirian Perusahaan Asing Di Indonesia #Alasan Pendirian Perusahaan Asing Di Indonesia #Alasan Pendirian Perusahaan Asing Di Indonesia #Alasan Pendirian Perusahaan Asing Di Indonesia #Alasan Pendirian Perusahaan Asing Di Indonesia #Alasan Pendirian Perusahaan Asing Di Indonesia 
Alasan Pendirian Perusahaan Asing Di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maulana Blog

No comments: