Macam-Macam Organisasi di Masyarakat

Organisasi di Masyarakat

Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen.Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis). (wikipedia)
Berikut ada macam-macam organisasi yang ada di masyarakat :

1. Organisasi Kemasyarakatan
salah satu organisasi yang paling banyak jenisnya adalah organisasi kemasyarakatan. Oleh karena itu, organisasi kemasyarakatan mudah sekali kita temukan. Contohnya organisasi ibu-ibu PKK, organisasi pemuda karang taruna, organisasi kesenian dan sebagainya. Organisasi-organisasi jenis ini semata-mata bergerak di bidang kemasyarakatan. Jenis kegiatannya antara lain arisan, olahraga, kesenian, penyuluhan kesehatan , membentuk koperasi, mendirikan sekolah dan sejenisnya.
Selain organisasi-organisasi di atas, ada pula organisasi kemasyrakatan yang bercorak keagamaan. Organisasi kemasyarakatan jenis ini pun mudah kita temukan. Setiap rumah ibadah suatu agama pasti memiliki organisasi kemasyarakatan yang bercorak keagamaan.
Oh ya perlu diingat bahwa sebuah agama pada hakikatnya juga sebuah organisasi. Selain bertujuan keagamaan, organisasi keagamaan biasanya juga memiliki tujuan sosial kemasyarakatan. Misalnya, mendirikan sekolah atau menggalang dana bantuan sosial.
Macam-Macam Organisasi di Masyarakat
pkk.bantulkab.go.id
2. Organisasi Pemerintahan 
Organisasi jenis lain di sekitar kita adalah organisasi pemerintahan.
Dimanakah kalian tinggal? Di desa atau di kota kah? yang jelas dimanapun kita tinggal, di situ pasti ada organisasi pemerintahan. Di desa, kita menemukan organisasi pemerintahan desa. Di kota, ada lebih banyak lagi organisasi pemerintahan. Di sana ada organisasi pemerintahan kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota. Di kota besar, organisasi pemerintahan provinsi, sementara di ibu kota organisasi pemerintahan pusat.
3. Organisasi Politik
Jika kalian rajin menonton berita di televisi atau membaca koran, tentu tidak asing dengan yang namanya organisasi politik. Sekarang, organisasi politik muncul di mana-mana. Organisasi politik lahir baik di kota besar maupun kota kecil, nahkan hingga pelosok desa. Organisasi politik terbentuk untuk meraih tujuan. Tujuan tersebut adalah menempatkan anggotanya di organisasi pemerintahan. Contoh dari organisasi politik adalah partai politik.
Macam-Macam Organisasi di Masyarakat

4. Organisasi Ekonomi
Organisasi ekonomi adalah organisasi yang memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan ekonomi. Biasanya berada di kota-kota. Namun organisasi ekonomi juga da di desa-desa. Contoh organisasi politik adalah perusahaan. Perusahaan terdiri atas beberapa orang. Mereka berkumpul untuk bekerja bersama-sama. Mereka mempunyai tujuan yang ssama yaitu memperoleh penghasilan. Dalam bekerja, mereka juga memakai aturan. Dengan demikian, perusahaan termasuk organisasi.
Di desa, contoh organisasi ekonomi antara lain kelompok tani.
Macam-Macam Organisasi di Masyarakat
wikipedia


#Macam-Macam Organisasi di Masyarakat#Macam-Macam Organisasi di Masyarakat
#Macam-Macam Organisasi di Masyarakat#Macam-Macam Organisasi di Masyarakat
#Macam-Macam Organisasi di Masyarakat#Macam-Macam Organisasi di Masyarakat
#Macam-Macam Organisasi di Masyarakat#Macam-Macam Organisasi di Masyarakat
Macam-Macam Organisasi di Masyarakat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maulana Blog

1 comment: