7 Manfaat Yang Dapat Diperoleh Dari Mengunyah Permen Karet

Permen Karet - Semua orang pasti tahu dong apa itu permen karet????? dan pasti pernah menikmati permen karet. Pada waktu kecil dulu banyak orang yang melarang mengunyah permen karet, karena beberapa alasan yang sebenarnya belum tahu kepastiannya, mulai dari merusak gigi sampai takut ke telan lalu mati. Sebenarnya banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari mengunyah permen karet. Sebelum kita membahas tentang "Manfaat Mengunyah Permen Karet", alangkah baiknya kita tahu terlebih dahulu tentang sejarah permen karet itu sendiri.

Sejarah Permen Karet - Hingga saat ini sejarah permen karet masih belum jelas. Namun bukti sejarah tertua ditemukan pada tahun 1993 oleh para arkeolog berupa tiga gumpalan uang berisi pemanis madu yang telah berusia 9000 tahun yang dikunyah oleh para pemburu di Swedia. Akan tetapi bagi masyarakat Yunani kuno, mengunyah permen karet merupakan kebiasaan yang umum di masyarakat. Mereka mengunyah sebuah damar dari pohon mastic yang berasal dari Turki. Sementara itu di Amerika Utara, penduduk asli mempunyai kebiasaan mengunyah substansi yang dibuat dari damar pohon cemara yang terus dilanjutkan secara turun temurun hingga awal abad ke-19 yang kemudian diganti dengan parafin.Suku Maya di Amerika Tengah mengunyat tsictle yang dikenal di Eropa sebagai Chicle, yang merupakan bagian tebal dari cairan getah pohon sapodilla ''Achras sapota'' yang dikenal sebagai sawo. Chicle ini kemudian dikenal sebagai bahan dasar permen karet. (sumber : wikipedia ). Ya mungkin itu gambaran kecil tentang sejarah permen karet bermula. Selanjutnya langsung ke "Manfaat Mengunyah Permen Karet".

7 Manfaat Mengunyah Permen Karet - Berikut ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika kita mengunyah permen karet :

1.  Menambah Tingkat Konsentrasi


 Ketika mengunyah permen karet akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar, sehingga asupan oksigen ke otak pun meningkat, dan Anda mampu berkonsentrasi dengan baik.

2. Menambah Kesadaran 

Menurut penelitian dari Coventry University yang menyebutkan bahwa mengunyah permen karet mampu membuat kita lebih sadar dan tidak ngantuk lagi.  

3.  Menghilangkan Rasa Stress
Manfaat kesehatan yang lain dari mengunyah permen karet adalah meredakan stres. Sebab dengan mengunyah, kadar hormon cortisol penyebab stres dalam ludah akan berkurang. 

4.  Baik Untuk Pencernaan Terutama Usus Besar

Mengunyah  permen karet juga mampu memperbaiki sistem pencernaan. Sebab mengunyah permen karet memicu produksi ludah dalam mulut yang lebih dan asam di perut untuk mencerna makanan.

5. Mengencangkan Kulit Wajah


Mengunyah permen karet dapat mengencangkan kulit wajah, sehingga kulit wajah akan terlihat awet muda, ya karena pada saat kita mengunyah permen karet kita menggerakkan otot rahang yang kemudian berlanjut pada gerakan mulut dan bibir. Mengunyah permen karet juga termasuk ke dalam "senam wajah". Hasilnya, kulit wajah juga akan lebih kencang dan awet muda.

6. Membersihkan Gigi dan Membuat Nafas Segar

 
Setelah kita makan, tentu mulut terutama gigi akan merasa tidak nyaman, karena mungkin sisa makanan masih menempel digigi dan nafas kita pun tak sedap. Untuk membersihkan gigi kita bisa mengunyah permen karet, saat kita mengunyah permen karet, sisa makanan pada gigi kita kan menempel pada permen karet, selain itu nafas kita pun akan segar.

7. Menambah Tingkat Kepintaran Seseorang


Penelitian yang dilakukan para ahli di Cardiff University mengklaim kalau mengunyah permen karet ampuh meningkatkan performa intelektual seseorang. Sementara itu, studi penelitian terpisah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan nilai tes dan meningkatkan memori sebesar 35 persen.
Jangan kita beranggapan kalau mau pintar, kita tinggal makan permen karet saja. Kalau mau kita pintar ya tentunya kita harus belajar dengan giat.

Sekian artikel dari saya tentang "7 Manfaat Yang Dapat Diperoleh Dari Mengunyah Permen Karet". Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang diperoleh dari mengunyah permen karet. Ingat jangan mengunyah permen karet terlalu sering, karena justru itu akan menimbulkan dampak negative. Bijaklah dalam mengkonsumsi apapun terutama makanan.
7 Manfaat Yang Dapat Diperoleh Dari Mengunyah Permen Karet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maulana Blog

No comments: